Sunday 6 September 2015

Terobosan kemacetan melaluin dimensi waktu.

Pengunjung yang budiman,

Kali ini saya akan memuat surat yang saya tulis kepada Gubernur DKI Jaya mengenai terobosan menanggulangi kemacatan lalu lintas di Jakarta, silahkan nmembaca.




Kepada Yth. Gubernur DKI
Bapak Basuki Cahaya Purnama
di Jakarta
Mengamati penanggulangan kemacetan transportasi di Jakarta waktu ini saya melihat perlu dilakukan melalui dimensi lain yang belum pernah disentuh yaitu dimensi waktu.
Negara-negara Skandinavia, misalnya Swedia, mengalami hari-hari tanpa matahari dimusim dingin selama 57 hari tetapi kehidupan tetap berjalan lancar-lancar saja. Dalam kondisi teknologi waktu ini kegiatan hari - hari tidak perlu lagi bergantung pada waktu matahari bersinar. Masalahnya hanya membiasakan saja. Mengingat Indonesia adalah Negara tropis mungkin justru kegiatan malam hari lebih nyaman dilakukan ketimbang siang hari. Juga untuk daerah-daerah lain kecuali Jakarta.
Demikian juga kalau kehidupan di Jakarta dibagi dua perioda,misalnya perioda pertama dari jam 00.60 - 18.00 dan perioda kedua jam 18.00 - 06.00 hari berikutnya maka otomatis transportasi dijalan akan berkurang banyak. Berarti memberikan waktu yang lebih panjang untuk memikirkan kebutuhan penambahan infrastruktur.
Di awali dengan DKI dan semua kantor Pemerintah diwajibkan membagi kegiatannya menjadi dua perioda.Tentu memerlukan perencanaan dan persiapan pelaksanaan yang lengkap. Termasuk sosialisasi kepada masyarakat.
Demikian gagasan sederhana mengenai terobosan kemacetan transportasi di Jakarta, semoga rencana Gubernur DKI untuk mengatasi kemacetan transportasi dapat teratasi secepatnya.  

Hormat saya,
Adhi Widjaja/Dosen

natahartakaadhi@yahoo.com

1 comment:

denysafari said...

kalau menurut saya, hal tersebut memungkinkan.

dengan catatan setiap daerah itu "mandiri". tidak tergantung pada pusat,

karena jika masih tergantung. Ketika ada kepentingan , sementara daerah pusat sedang

dalam jam "tidur". daerah cabang itu akan kesulitan.


mohon maaf apabila tidak berkenan